Jumat, 22 Januari 2016

kode-kode kamar yang terdapat di housekeeping department



Kode-kode/istilah yang terdapat di housekeeping
Sebelum menyiapkan kamar, room attendant harus mengetahui status dari setiap kamar yang akan di bersihkan. Status kamar tersebut berasal dari front office pada saat check in dan juga berdasarkan pengamatan langsung room attendant sebelum dan sesudah membersihkan kamar. Dari status kamar tersebut, room attendant dapat menghitung jumlah linen dan amenities yang di perlukan di kamar. Adapun singkatan yang di pakai dalam industri perhotelan antara lain :
  1. VC (Vacant Clean) adalah kamar dalam keadaan bersih (clean).
  2. VD (Vacant Dirty) adalah kamar dalam keadaan kosong dan belum di bersihkan.
  3. VR (Vacant Ready) adalah kamar dalam keadaan bersih dan siap dijual.
  4. VCI (Vacant Clean Inspected) adalah kamar dalam kedaan bersih sudah diperiksa supervisor.
  5. OC (Occupied Clean) adalah kamar yang ditempati oleh tamu dan sudah dibersihkan.
  6. OD (Occupied Dirty) adalah kamar yang ditempati oleh tamu tetapi belum dibersihkan.
  7. EA (Expected Arrival) adalah kamar yang dipersiapkan untuk tamu yang diharapkan datang.
  8. ED (Expected Departure) adalah kamar yang diperkirakan tamunya akan check out.
  9. CI (Check In) adalah tamu yang baru datang/masuk (register).
  10. CO (Check Out) adalah tamu yang sudah keluar dari kamar.
  11. WI (Walk In Guest) adalah tamu yang masuk (register) ke hotel tanpa pemesanan kamar.
  12. DU (Day Use) adalah tamu yang masuk (CI) pada hari itu dan keluar (CO) pada hari itu juga.
  13. DL (Double Locked) adalah kamar yang pintunya dikunci ganda/dua kali dari dalam kamar sehingga petugas tidak bisa masuk kedalam kamar.
  14. OO (Out of Order) adalah kamar yang rusak/tidak dapat digunakan dan tidak bisa dijual.
  15. OS (Out of Service) adalah kamar yang kosong dan dalam perbaikan.
  16. DND ( Do Not Disturb) adalah kamar yang tamunya tidak boleh diganggu.
  17. HU (House Use) adalah kamar yang ditempati oleh staf hotel.
  18. SO (Sleep Out) adalah kamar yang sudah dibayar oleh tamu tetapi tidak ditempati.
  19. VIP (Very Important Person ) adalah tamu yang dianggap sangat penting.
  20. SR (Service Refused/Refuse Service) adalah  kamar yang akan dibersihkan room attendant tetapi ditolah oleh tamu.
  21. ONL (Occupied No Luggage) adalah tamu yang check in tetapi tidak membawa suatu barang apapun.
(Bagyono,34)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar