Laundry
Laundry
adalah bagian dari housekeeping yang
bertanggung jawab atas pencucian semua linen, baik itu house laundry maupun guest
laundry.
Tugas utama laundry adalah membantu operasioanal
hotel yang berhubungan dengan proses pencucian linen untuk guest room, restaurant dan meeting
room serta uniform bagi karyawan.
Sekarang ini, penyediaan
fasilitas laundry sangat wajib, selain
fasilitas bagi tamu juga untuk memenuhi keperluan linen-linen bersih
yang dibutuhkan bagi operasional hotel. Operasional laundry disuatu hotel sangat bervariasi, secara umum hingga pukul
21:00 malam bahkan lebih
awal, sebagai usaha untuk
menekaan biaya operasionalnya.
Ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan untuk menentukan jam operasional laundry di suatu hotel, antara lain:
- Tingkat occupancy, makin tinggi occupancy maka linen dan guest laundry semakin banyak sehingga memprosesnya semakin lama.
- Total output kilogram mesin washing, semakin besar jumlah outputnya, semakin banyak linen yang diproses.
- Parstock linen suatu hotel, parstock yang kurang menyebabkan laundry harus memprosesnya hingga selasai untuk keperluan besok hari.
Cucian – cucian yang
dikirim ke Laundry and Dry Cleaning Section dapat dibedakan
menjadi dua bagian besar, yaitu House
Laundry dan Guest Laundry.
House
Laundry adalah segala macam cucian milik hotel yang terdiri
dari :
- Linnen supplies yang digunakan oleh House Keeping Departement (Floor Section), antara lain sheets, pillow case, blanket, bed skirt, bed pad, bed cover, curtain, dan towel.
- Linnen supplies yang digunakan Food and Beverage Departement, seperti table cloth, multon, napkin, place mat/tray mat, apron, table skirting, green velvet, glass towel, and kitchen towel.
- Uniform milik seluruh karyawan hotel.
Cucian ini sering
disebut non revenue producting works
karena tidak menghasilkan uang secara langsung, tetapi merupakan sarana
pendukung pelayanan terhadap tamu (guest
hotel service).
Guest
Laundry
Guest
Laundry adalah cucian yang berasal dari para tamu, seperti
:
- Tamu yang menginap di hotel tersebut (in side guest)
- Tamu yang menginap di hotel lain (out side guest)
Guest
Laundry disebut sebagai revenue
producting works karena dapat menghasilkan uang secara langsung.
Tamu yang menginap di
hotel akan dikenai biaya bila meminta layanan pencucian pakaian. Besarnya biaya
pencucian didasarkan atas service laundry
yang diberikan, yaitu atas :
Ø Jenis cucian, dimana setiap jenis mempunyai tarif
biaya service laundry tersendiri.
Ø Macam service
yang dikehendaki oleh tamu, antara lain :
-
Urgent/special
service (selesai dalam waktu dua jam),
dengan tarif dua kali lipat dari tarif biasa.
-
Special
service (dapat diproses selama empat jam),
tambahan tarif 50% dari tarif biasa.
-
One
day service, cucian dikirim pagi hari maka akan
diantar ke kamar pada sore hari setelah dicuci dan diseterika.
Ø Proses / cara penangannya, antara lain :
-
Washing
(laundry) berarti dicuci,
diseterika.
-
Press
Only (PO),
cukup diseterika saja, tidak perlu dicuci terlebih dulu.
-
Dry
Cleaning (DC): proses pencucian
dengn sistem dry cleaning, tidak
dicuci memakai washing machine tetapi
dengan pengasapan, bagi cucian yang bahannya terbuat dari wool, sutera, nylon, saten, tissue.
Ø Cucian
dari luar dikenai biaya berdasarkan :
-
Proses penanganan: washing, press only, atau dry cleaning service.
-
Beratnya/banyaknya cucian,
seperti sheet, towel dan cucian yang
lain dari hotel - hotel lain akan ditimbang terlebih dulu untuk menentukan
besarnya biaya yang harus ditanggung oleh pemilik cucian.
Untuk menjangkau tugas
– tugas itu di dalam Laundry
& Dry Cleaning Section terdapat
beberapa petugas (Staff) yang mempunyai tugas dan tanggung jawab sendiri –
sendiri, yaitu : Petugas Valet,
Checker, Marker, Washer, Presser, Mangler, Dry Cleaning Operator, dan Order
Taker.
Valet
Valet
adalah petugas yang mengambil cucian dan mengantarkannya kembali kepada
customer laundry setelah diproses sehingga bersih dan rapi kembali.
Checker
Petugas checker adalah mempunyai tugas dan tanggung jawab sebagai berikut :
- Mengecek setiap laundry bag apakah cuciannya sudah sesuai dan cocok dengan laundry list yang menyertainya.
- Memeriksa setiap cucian, mengenai jenisnya, jumlah tiap jenis cucian, service yang diminta. Bila ada perbedaan jumlah tiap jenis cucian dengan yang tertulis dalam Laundry List maka ia harus segera memberitahukannya kepada Valet atau Supervisor.
- Memeriksa cucian, barangkali ada barang yang tertinggal di dalam saku pakaian. Kemudian segera memberitahukan kepada Supervisor apabila menemukannya.
- Memisahkan pakaian – pakaian yang menghendaki order laundry special service, express service/urgent, untuk didahulukan penanganannya.
- Mengecek setiap cucian barangkali apabila ada yang terkena noda-noda tertentu. Checker harus memberitahukan kepada washer agar diproses secara khusus.
- Mengecek cucian mungkin ada kancing baju yang lepas, jahitan sobek dan lain-lainnya. Bila menemukannya, maka harus diberikan kepada seamstress agar diperbaiki.
- Memeriksa cucian – cucian yang telah selesai dicuci barangkali masih ada yang belum bersih. Bila menemukannya, kembalikan lagi ke washer agar dicuci ulang.
- Melipat dan membungkus dengan plastic bag cucian – cucian kecil yang telah selesai dicuci, diseterika (seperti: kaos kaki, singlet, sapu tangan dan sebagainya).
- Pakaian – pakaian yang besar digantung, ditata didalam trolley beserta laundry list sesuai nomor agar tidak kusut misalnya jas, hem lengan panjang, long dress dan lain – lain, cucian tersebut dikirim oleh valet kesetiap kamar.
Marker
- Memberi tanda / kode pada setiap cucian berdasarkan nomor agar:
-
Tidak terjadi kekeliruan ketika
mengantarkanya.
-
Memudahkan valet saat mengantar dan
memasukkan cucian.
-
Tidak hilang dan tidak tertukar dengan
yang lain.
- Memisah-misah cucian berdasarkan:
-
Proses penangannya (washing/laundry, press only, dry cleaning).
-
Jenis bahan (jean, katun, dan lain –
lain).
-
Warna cucian (warna putih tidak dicampur
dengan warna, kuning, merah, hijau dan sebagainya, agar tidak kelunturan). Tingkat
kekotorannya, (misalnya yang terkena lumpur, tanah dan lainnya agar tidak
mengotori yang lain).
- Setelah cucian dipisah-pisahkan, Marker kemudian menyerahkannya ke Washer untuk diproses sedangkan laundry list diberikan kepada Office Clerk/Order Taker agar dibuatkan bill.
Washer
Tugas Washer adalah sebagai berikut :
- Menerima dan mengecek semua cucian dari sorter maupun marker, yang berupa house laundry, guest laundry, out side laundry.
- Memasukkan cucian – cucian kecil dan halus ke dalam net agar tidak hilang atau rusak, lalu memasukkannya ke dalam washing machine untuk dicuci bersama – sama dengan cucian yang lain.
- Memindahkan cucian – cucian yang sudah dicuci dengan washing machine ke mesin extractor.
- Memindahkan semua cucian yang sudah diperas ke dalam drying tumbler untuk dikeringkan.
- Mengeringkan cucian – cucian yang tebal seperti kaos dan handuk dengan drying tumbler (mesin pengering auto).
- Mengeluarkan pakaian – pakaian dan linnen yang sudah kering dari drying tumbler untuk diserahkan kepada presser supaya diseterika.
Presser
Tugas Presser adalah sebagai berikut :
- Membuka kran steam dan membersihkan flat (alat pengepres).
- Menyetrika semua cucian mulai dari leher baju sampai ujung lengan baju.
- Menghaluskan bagian bahu, punggung dan bagian lengan.
- Menggantung semua cucian yang sudah selesai dipress dengan hanger
- melakukan proses sprayer (penyemprotan) pengharum dan parfum laundry.
- Menyerahkan cucian – cucian tadi kepada checker untuk diproses selanjutnya.
Mungler
Mungler
mempunyai tugas seperti Presser,
hanya saja yang diseterika ialah cucian – cucian besar yang berupa linnen supplies, seperti bed cover sheet,
pillow case, table cloth, napkin, karpet dll. Tugas Mungler yang lain adalah melipat semua linnen supplies yang telah diseterika, memisah-misahkannya menurut
jenis dan ukurannya.
Dry
Cleaning Operator
Dry
Cleaning Operator adalah petugas yang melakukan proses
pencucian secara dry cleaning (dengan
chemical solvent).
Order
Teker
Order
Taker juga sering disebut sebagai Office Clerk. Tugasnya adalah sebagai berikut:
- Menerima laundry order telepon (office operator).
- Mengerjakan administrasi laundry, antara lain:
-
Membuat laundry voucher/bill cucian segera mengirimkannya ke Front Officer Cashier untuk ditagihkan.
-
Membuat laporan harian, mingguan maupun
bulanan atas penggunaan obat – obat pencuci (chemical).
-
Membuat laporan untuk atasanya menganai
obat – obat pencuci yang hampir habis, agar dibelikan.
-
Membuat Purchase Requestition dengan persetujuan atasan atas obat – obat
pencuci yang hampir habis. Purchase
Requestition adalah permintaan pembelian barang yang ditujukan kepada
bagian pembelian.
-
Membuat SR (Store Requestition) atas persetujuan atasan untuk meminta atau
mengambil barang.
-
Membuat Work Order kepada Engineering
(teknisi mesin-mesin laundry) (Repair and
Maintenance) bila ada kerusakan alat – alat/mesin – mesin Laundry, supaya
segera diperbaiki, dengan persetujuan atasan.
-
Mengarsip surat – surat yang
masuk ke laundry dan laporan – laporan yang telah dibuat
Salam sukses dari kami
BalasHapusuntuk anda yang membutuhkan mesin pengering,
setrika uap, konversi, dan perlengkapan laundry lainnya silahkan
menghubungi kami di web www.bospengering.com atau langsung telpon kami
ke 081221673020; pin bb 59F141F2, Line : Bospengering, Facebook : Bos
Pengering