Kamis, 28 Januari 2016

tugas dan tanggung jawab bagian housekeeping


    Tugas dan Tanggung Jawab
Jabatan            : Executive Housekeeper
      Tugas pokok    : Mengarahkan dan mengawasi seluruh bawahan secara langsung serta mengontrol oprasional sehari-hari di housekeeping, sehingga dapat berjalan lancar.
   Rincian tugas  :
1.      Merencanakan program kerja dan anggaran Departement housekeeping.
2.      Menghubungi kantor depan untuk mendapatkan pemberitahuan mengenai TEA List, Guest In The House List, V.I.P List dan ED List sebelum memulai tugasnya dan kemudian meneruskannya ke setiap penyedia kamar(Room SPV).
3.      Mengkoordinir bidang kerja seluruh karyawan dalam lingkungan Housekeeping.
4.      Mengadakan pengawasan agar rencana kerja yang telah disusun dapat berjalan dengan sebaiki-baiknya.
5.      Membuat evaluasi kerja bawahan setiap bulan/tahun.
Jabatan               : Assistant Executive Housekeeper
Tugas Pokok      :Menjalankan seluruh tugas dan tanggung jawab Executive Housekeeper, apabila yang bersangkutan berhalangan atau tidak dapat menjalankan tugasnya.

Rincian Tugas       :
1.               Membantu Executive Housekeeper untuk membuat program pelatihan, petunjuk pelaksanakan tugas, dan merencanakan program pelatihan karyawan.
2.               Mengontrol hasil kerja bawahan, yang meliputi disiplin, hasil kerja, dan mutu pekerjaan.
3.               Mengontrol pemakaian alat-alat dan bahan permbersih serta perlengkapan tamu atau guest supplies.
Jabatan                        : Room SPV
Tugas Pokok   : Mengawasi dan mengontrol pekerjaan romboy/maid, sehingga dapat berjalan sebagaimana ditentukan dalam petunjuk pelaksanakan tugas atau standard opening procedure yang berlaku di Department Housekeeping.
Rincian Tugas :
1.      Mengadakan briefing mengenai sesuatu hal yang menyangkut keadaan tamu, misalnya tentang tamu VIP dan kamar yang harus segera dibersihkan karena ada tamu akan check-in
2.      Membagikan pass key atau room keys dan peralatan kepada masing-masing room boy/maid.
3.      Membagikan kebutuhan cleaning material kepada room boy/maid sesuai dengan jumlah kamar yang dibersihkan.
Jabatan               :Public Area/Housman SPV
Tugas Pokok      :Mengawasi dan mengkoordinir Houseman agar dapat menjalankan fungsinya untuk menjaga kebersihan area hotel yang merupakan tanggung jawabnya.
Rincian Tugas    :
1.      Memberikan pengarahaan atau briefing kepada Houseman.
2.      Memimpin dan mengawasi pekerjaan Houseman.
3.      Mengecek semua tempat yang menjadi tanggung jawab Houseman.
4.      Mengawasi pemeliharaan alat-alat pembersihan misalnya floor machine dan vacuum cleaner.
5.      Mengontrol pemakaian alat dan bahan pembersih yan dipakai dalam pembersihan sehari-hari.
Jabatan                        : Linen and Uniform SPV
Tugas Pokok   : Bertanggung jawab atas kebersihan lena dan pakaian seragam karyawan.
Rincian Tugas :
1.            Membuat administrasi lena dan handuk setiap hari
2.            Mengawasi pembagian sheets dan towel kepada para pramukamar.
3.            Bertanggung jawab atas jumlah linen and uniform di ruang lena
4.            Mebuat inventaris lena harian, mingguan, dan bulanan
5.            Mengusulkan dan mengajukan pembelian lena kepada executive housekeeper
6.            Membuat jadwal kerja linen attendant
Jabatan                        : Laundry Manager
Tugas Pokok   : Mengawasi dan mengatur terselenggaranya pekerjaan di binatu, serta menjaga standar mutu pelayanan sesuai dengan ketentuan yang berlaku di hotel tersebut serta melaksanakan rencana kerja dan mengawsi kegiatan serta kedisiplinan kerja bawahan.
Rincian Tugas :
1.              Mengawasi dan mengontrol peralatan atau bahan pembersih, baik pemakaian maupun permintaanya.
2.              Mengawasi dan mengecek heasil pencucian dan pelicinan.
3.              Penyusunan anggaran dan pengendalianya sesuai dengan yang telah ditetapkan.
4.              Menyelesaikan masalah yang timbul, baik dari binatu sendiri, department lain maupun dari tamu-tamu kamar.
Jabatan           :    Assitant Laundry Manager
Tugas Pokok  : Membantu Laundry Manager untuk mengawasi, mengatur terselenggarannya pekerjaan di seksi binatu, menjaga standar mutu pelayanan, dan mengawasi kegiatan atau kedisiplinan kerja bawahan.
Rincian tugas  :
1.                  Mengawasi pelaksanaan pekerjaan dan hasil kerja bawahan serta memberikan petunjuk-petunjuk seperlunya.
2.                  Membuat work order
3.                  Memberikan bimbingan, pengarahaan, dan teguran kepada bawahan.
Jabatan                        : Laundry SPV
Tugas Pokok   : Mengawasi jalannya oprasional dan kelacaran kinerja mesin-mesin binatu di seksi binatu.
Rincian Tugas :
1.            Memberikan pengarahan kepada para bawahan.
2.            Mengadakan pengecekan pemeliharaan mesin-mesin binatu dan melaporkan setiap kerusakan yang terjadi di seksi tersebut.
3.            Mengawasi penggunaan laundry supplies dan laundry chemicals serta melaporkan kepada atasan apabila persediaan telah menipis.
4.            Memeriksa hasil pencucian.
Jabatan                        : Romboy/maid
Tugas pokok    : Bertanggung jawab atas kebersihan dan kelengkapan kamar tamu.
Rincian Tugas :
1.            Datang ke hotel tepat waktunya sesuai dengan jam masuk.
2.            Mencatat jam kedatangan pada time card stamping machine
3.            Hadir di area kerja 15 menit sebelumnya
4.            memeriksa kelengkapan kereta kerja, yang meliputi guest supplies, linen supplies dan cleaning material.
Jabatan                        : Houseman
Tugas Pokok   :  Bertanggung jawab atas kebersihan public area secara keseluruhan, yang meliputi kantor manajemen, corridor, lobby, restaurant, public toilet, dan lain-lain yang merupakan tanggung jawabnya.
Rincian tugas  :
1.            Mengenakan pakaian seragam atau uniform.
2.            Mencatat jam kedatangan pada time card stamping machine.
3.            Hadir di area kerja 15 menit sebelumnya.
4.            Selalu menjaga lobby area agar tetap bersih dan rapi.
Jabatan                        : Linen & Uniform Attendant
Tugas Pokok   : Bertanggung jawab atas penerimaan linen & uniform, baik kotor maupun yang bersih dari binatu, kelengkapan pengiriman linen bersih ke floor station, serta pelayanan kebutuhan linen dan unirom kepada department lain.


Rincian Tugas :
1.            Mencatat jenis dan jumlah linen dan uniform yang akan dicuci.
2.            Memisahkan jenis maupun bahan seragam atau uniform karyawan yang akan dicuci
3.            Mengirim linen dan seragam kotor ke laundry.
4.            Menerima, mengambil linen yang sudah bersih dari laundry.
5.            Mengatur seragam karyawan sesuai dengan jenis pakaiannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar